IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DI KELAS X-D MA MA’ARIF 7 BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN

Millah Kartikaningtyas, Muchlis

Jurusan Kimia, Universitas Negeri Surabaya, 2009

Untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bervariasi dan dapat meningkatkan peran serta siswa dalam pembelajaran, maka harus dirancang dan dibangun suasana kelas sedemikian rupa, sehingga siswa mendapat kesempatan untuk berinteraksi satu dengan yang lain. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Pembelajaran ini menggunakan kelompok-kelompok kecil sehingga siswa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Siswa dalam kelompok kooperatif berdiskusi, saling membantu, dan mengajak satu sama lain untuk mengatasi masalah belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru, aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa kelas X-D MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat dikategorikan baik dan mengalami peningkatan pada setiap putaran, (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran dari putaran I sampai putaran III mengalami peningkatan, aktivitas siswa lebih besar daripada aktivitas guru sehingga pembelajaran lebih berpusat pada siswa, (3) Ketuntasan belajar klasikal pada putaran I sebesar 62,86% (belum tuntas), putaran II sebesar 85,71%(tuntas), dan putaran III sebesar 91,42% (tuntas). Ketuntasan klasikal pada keterampilan menggunakan pipet tetes sebesar 88,57% dan ketuntasan klasikal pada keterampilan menggunakan gelas ukur sebesar 85,71%, (4) Siswa memberi respon positif terhadap model pembelajaran ini. Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada materi pokok Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dapat dikatakan efektif.

Kata kunci : PTK, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together), Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit.

Komentar