REVIEW CLODI ISMAIL :)

Tulisan ini sebenarnya sudah sejak 5 Agustus 2017. Ngendon di draft.. Lama ga buka blog. Saat tulisan ini diposting Ismail sudah memiliki seorang adik yang berusia 28 bulan yang hanya 21 hari pertamanya saja memakai popok cuci ulang - clodi dan sejenisnya :) Rempong bangeeet maaak, apalagi waktu itu Ismail juga lagi caper2nya karena punya adik baru. Hehe..

Ini tulisan saya beberapa tahun lalu, semoga bermanfaat ya bundsay chantique tiada tara :)

Pasti emak2 sudah ga asing lagi dengan clodi ya.. yup, clodi = cloth diapers.. pengganti popok sekali pake alias pospak ato yang sering dibilang pempers (padahal merknya ga hanya pempers ya, hihihi).

Ismail mulai berclodi ria waktu usia 1 bulan.. dan emaknya mulai nyicil ngumpulin clodi sejak Ismail di kandungan usia 7 bulan.. secara ga kuat bo' kalo beli langsung 10 clodi, hihihi.. berat sih awalnya, karena mehong banget per pcs nya.. tapiii kalo dibanding beli pospak tiap bulan.. kerasa deh hematnya.. clodi kan bisa dicuci dan dicuci lagi.. yess.. kalo pospak sehari Ismail bisa 5 - 6 pospak, misalnya 1 pospak Rp 1.500,00 x 6 x 30 = 270.000,00 per bulan. kalo setaun 3.240.000,00.. kalo pake clodi, selain hemat, bebas ruam popok, dan ramah lingkungan :)

Berikut ini review clodi ananda Muhammad Ismail Karim:
1. Pempem
Pempem punya Ismail tipe snap yang ga full motif.. waktu itu pilih motif crab warna oranye.. Pempem ini insertnya microfiber dengan innernya fleece.. warna putih. tapi kalo kena noda pup bisa langsung ilang loooh kena sinar mentari.. clodi ini recomended banget deh, cuma bocor kalo pasang insertnya kurang tepat aja.. 
2. Babyland Bamboo
Awalnya beli yang motif dino dan jamur, terus karena clodi ini cocok banget dipake Ismail jadi nambah lagi deh.. pernah dobel insert waktu Ismail usia 2bulanan tahan sampe 8jam loooh.. ah, kebacut ya ibuke.. ga diganti2 anake.. hihihi.. anyway, cinta deh sama clodi ini meski kalo kelamaan sekarang suka ngrembes sih di bagian merknya.. kan pipisnya tambah banyak, maksimal 5jam lah..
oiya, bagian dalem clodi ini warna abu2, insertnya juga, jadi kalo kotor ga keliatan deh.. mihihi..
3. N&Vme
Clodi yang satu ini tipe cover snap.. insert microfiber.. cinta jugaaaah sama clodi ini.. motifnya lucu, emaknya Ismail pilih yang ocean.. tapi insertnya suka bau pesing kalo kelamaan ga ndang dicuci.. hihihi.. ketauan malesnya yaa.. 
4. Coolababy
clodi bentuk pants yang innernya warna abu2 dengan insert bamboo abu2.. beli waktu ada promo, hihihi.. dasar, emaknya Ismail kan modis  alias modal diskon, heheehe.. tapi clodi ini kok sering ngrembes ya ga tau kenapa.. ada yang punya pengalaman lain dengan clodi ini? share di sini ya mak2 keceeh :)
5. Sobi Minky 
Sobi Minky insert hemp punya Ismail ini awalnya jadi favorit Ismail.. taapii, setelah kena pup n emaknya nyucinya pake rinso molto jadi deh bocor tuh clodi sampe sekarang.. padahal dah distripping berkali2.. hiks.. kesimpulannya: nyuci clodi ga usah pake deterjen ya, ga usah pake sulight ato apapun, karena bikin penyerapan insert berkurang atau malah bocor pada pocket ato covernya.. cukup cuci dan bilas pake air yang melimpah, hehehe.. jemur di bawah sinar mentari tapi jangan terlalu lama.. 
6. Bee Diapers
Clodi ini dari awal Ismail ga cocok sih, ngrembes bagian atas.. daerah velcronya.. 
7. Rumparooz
Clodi termahal punya Ismail, katanya sih ga bocor sampe 8jam.. tapi baru dipake Ismail 4jam lebih dikit dah ngrembes bagian belakang yang ada tulisan rumparooz nya.. insertnya juga baunyaa aduhai pesssiiing banget.. hehehe.. 

Selamat berclodi ria.. 

Komentar